Pengertian Negara Maju dan Negara Berkembang

by 04.41 0 komentar
Perkembangan atau kemajuan suatu negara, antara negara yang satu dengan negara yang lainnya berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: kualitas sumber daya manusia negara tersebut, sumber daya alam yang ada, dan tingkat penguasaan IPTEK.
Untuk mengidentifikasi suatu negara dapat dikategorikan negara maju atau negara berkembang, kita dapat melihat dari hasil pembangunan negara tersebut, baik pembangunan fisik maupun pembangunan non fisiknya. Pembangunan suatu negara di butuhkan adaya modal dan sumber daya alam serta penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK).

Negara maju dan berkembang dapat diidentifikasikan dari unsur sosila dan fisiknya. Negara maju adalah negara yang mengutamakan unsur-unsur industri sebagai tiang perekonomian. Industri yang berkembang pesat akan mengakibatkan negara tersebut memiliki berbagai produk industri yang dapat di eksport. Kalau pendapatan perkapita tinggi maka tingkat kesejahteraan penduduk menjadi sangat terjamin, tingkat kesejahteraan penduduk yang baik akan berpengaruh pula terhadap perubahan penduduk. 
Negara industri umunya memiliki pertumbuhan yang rendah, karena orientasi hidup mereka untuk bekerja. Bahkan ada negara industri yang tingkat pertumbuhan masuk kategori zero population growth (pertumbuhan penduduk ke arah nol) sebagai kebijakan negaranya.
Negara maju juga sudah mampu mengolah sumber daya alam secara efektif dan efisien. Artinya negara ini sudah mampu mengolah sekaligus memperhatikan kelestarian lingkungan hidup secara berkesinambungan. Negara berkembang adalah negara yang masih mendasarkan tiang perekonomiannya pada sektor pertanian. Hasil pertanian yang dihasilkan kebanyakan berupa bahan mentah sehingga harganya masih relatif lebih rendah. Pertumbuhan penduduk di negara berkembang, umumnya tinggi. Selain itu dinegara maju dan negara berkembang dapat diidentifikasi dari hasil pembangunannya. Pembangunan yang dimaksud di bedakan menjadi 2 yaitu pembngunan fisik dan pembangunan non fisik.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar :

Posting Komentar