GANGGUAN PENYAKIT PADA GINJAL

by 04.37 0 komentar
Gangguan penyakit pada ginjal
Penyebab kelainan pada ginjal dapat disebabkan oleh rusaknya ginjal dan cara atau pola makan yang salah. bebearapa macam kelainan pada ginjal antara lain nefritis, diabetes melitus, diabetes insipidus, dan albuminuria

Nefritis adalah gangguan pada nefron akibat terinfeksi oleh kum

an. Hal ini menyebabkan kadar urea di dalam darah masih tinggi sehingga penyerapan air terganggu. Sebagai akibatnya, air tertimbun di kaki atau organ lain. keadaan seperti ini disebut oedema

Diabetes melitus disebut juga penyakit kencing manis. penyebab penyakit ini adalah kekurangan hormon insulin sehingga kadar zat gula dalam darah meningkat. kelebihan zat gula tersebut dikeluarkan dari ginjal bersama urine. cara mengobati penyakit ini adalah dengan memberikan suntikan insulin secara teratur. penyakit diabetes yang lebih ringan dapat diatasi dengan cara mengatur diet. diperkirakan penyebab utama penyakit diabetes adalah faktor keturunan.


Diabetes insipidius adalah suatu penyakit yang ditandai dengan produksi urine yang sangat berlebihan. penderita penyakit ini dapat mengeluarkan urine sebanyak 20 liter dalam sehari. agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan cairan) fatal, penderita harus banyak minum air segar untyk menggantikan hilangnya air dari tubuh. penyakit ini terjadi karena gangguan proses reabsorpsi akibat kurangnya hormon ADH (antidiuretic hormone)

Albuminuria adalah penyakit karena kerusakan alat filtasi dalam ginjal sehingga protein darah dapat melewati proses penyaringan oleh ginjal. gejala yang ditunjukkan penyakit ini adalah ditemukannya albumin dan protein lain di dalam urine penderita.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar :

Posting Komentar