Teori Nilai Uang

by 04.29 0 komentar


Teori Nilai Uang
a.         Teori konveksi (pemufakatan)
Teori konveksi ini berpendapat bahwa nilai tukar benda tidak berdasarkan nilai tukar sewajarnya, tetapi dibuat menurut persetujuan teori konveksi ini bertujuan untukmempermudah pertukaran benda untuk memenuhi segala kebutuhan
b.        Teori currency (peredararan)
Teori currency ini dipelopori oleh Overstone dan Pell. Teori currency ini menghendaki uang logam mulia untuk menegakkan stabilitas nilai uang. Peredaran uang kertas dilarang atau harus dijamin dengan emas (logam mulia).
c.         Teori Banking principle
Teori banking principle menyatakn bahwa bank harus mengambil tugas peredaran uang dan memberi kredit, mengeluarkan wesel,cek, dan giro sebagai peredaran uang, sehingga kelebihan uang yang beredar dapat dicegah.
d.        Teori state (Negara)
Teori state adalah harga uang ditetapkan oleh Negara, dan masyarakat harus menerimanya. Dalam hal ini, segi hokum diutamakandan segi ekonomi diabaikan.
e.        Teori metalisme
Teori metalisme berpendapat nahwa nilai uang yang didasarkan pada nilai intrinsiknya. Harga mengikuti secara wajar, sebab uang didasarkan atas harga logam yang dibuatnya.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar :

Posting Komentar