Kerja sama akibat adanya perbedaan

by 03.04 0 komentar
·           Kerja sama akibat adanya perbedaan
1)        Perbedaan sumber daya alam
Tidak semua negara di dunia memiliki sumber daya alam yang sama jenis dan banyaknya. Ada negara-negara yang memiliki sumber daya alam tertentu dengan jumlah yang melimpah, sedangkan ada pula yang miskin bahakan sama sekali tidak memiliki sumber daya alam. Sebagai contoh, negara Arab memiliki sumber daya alam beru
pa minyak bumi yang melimpah, sedangkan negara-negara Eropa, Jepang dan beberapa negara lain miskin akan minyak bumi. Dengan demikian, negara-negara yang miskin akan minyak bumi akan melakukan kerja sama dengan negara-negara yang kaya minyak bumi.

2)        Perbedaan iklim dan kesuburan tanah
Perbedaan iklim dan kesuburan tanah antara satu negara dengan negara lain akan menyebabkan perbedaan jenis tanaman/hasil pertanian. Sebagai contoh, negara Indonesia dan negara-negara lain yang beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi serta lahan yang subur, cocok untuk jenis tanaman karet, kelapa, kopi, teh, dll. Negara-negara Eropa yang beriklim sedang tidak cocok untuk tanaman tersebut, sehingga mereka harus mengimpor hasil pertanian tersebut dari negar-negara beriklim tropis.

3)        Perbedaan ideologi
Perbedaan idelogi antar suatu wilayah atau negara dengan negara lain dapat menjadi pemicu konflik internasional. Untuk meredakannya, antara negara-negara yang berbeda ideologi tersebut perlu dilakukan kerja sama, sehingga tidak memperbesar konflik yang ada. Sebagai contoh, negara bekas Uni Soviet dan sekutu-sekutunya yang berideologi komunis memerlukan kerja sama dalam bidang politik dengan negara-negara blok barat yang berideologi liberal. Hal ini dilakukan agar masalah-maslah yang dapat menimbulkan ketegangan internasional dapat diselesaikan di meja perundingan.

4)        Perbedaan ilmu dan teknologi

Kemampuan dalam penguasaan ilmu dan teknologi serta ketrampilan antara satu bangsa/negara lain tidak sama. Negara-negara maju seperti Erop Barat, Amerika Serikat, Jepang, dan beberapa negara lain memiliki kemampuan yang tinggi dalam penguasaan ilmu dan teknologi maupun ketrampilan, dibandingkan dengan negara-negara berkembang seperti Afrika dan sebagian besar Asia. Negara-negara maju mampu memproduksi berbagai jenis hasil industri yang juga sangat diperlukan oleh negara-negara berkembang. Untuk itun diadakan kerja sama antara negar-negara maju sebagai produsen dan negara-negara berkembang sebagai konsumen. Sebab, negar-negara produsen pun memerlukan pasaran bagi industrinya.

Unknown

Developer

Cras justo odio, dapibus ac facilisis in, egestas eget quam. Curabitur blandit tempus porttitor. Vivamus sagittis lacus vel augue laoreet rutrum faucibus dolor auctor.

0 komentar :

Posting Komentar